Queen Aida
ENTRY ABOUT FRIENDS STUFF SEUNGRI TWITTER EXO K

Begin Again
Minggu, 02 Februari 2014 - Permalink - 0 Comments



Udah lama banget nggak ngeblog ternyata, itu berarti udah lama juga nggak nulis. Padahal dulu, hampir semua pengalaman pribadi terpublish di sini. Mungkin pengaruh jejaring sosial yang sekarang makin banyak bentuknya, manusia jadi punya banyak cara yang lebih instan untuk memberi tahu dunia tentang semua luapan ekspresi dan emosi mereka. Termasuk saya yang menggunakan hampir semua aplikasi messanger dan media sosial, blognya jadi jarang keurus deh.

Mau mulai nulis lagi tuh rasanya campur aduk, bingung mau ngawalinnya gimana? pakek acara deg-degan juga kaya mau liat pengumuman SNMPTN hehe. Tapi kebanyakan punya media sosial, sebenernya bukan menjadi satu-satunya alasan kenapa saya jadi jarang ngeblog. Jadi ceritanya gini, terakhir kali saya nulis itu waktu magang di Solopos mulai awal Juli tahun lalu. Aktvitas yang setiap hari kita kerjakan pasti bakalan jadi rutinitas, dan setiap rutinitas  sesekali pasti menimbulkan kebosanan. Itu juga yang saya rasain setelah magang jadi reporter surat kabar harian. Setiap hari ngeliput berita, kerjaan yang sangat berhubungan dengan menulis. Sadar apa nggak, setelah magang berakhir jadi kayak alergi gitu sama tulis-menulis. Postingan terakhir aja cuma spamming foto-foto doang. Saking lamanya nggak ngeblog, foto-foto yang ada dalam postingan terakhir kelihatan udah lawas dan jadul banget.

Selain karena bosan, saya mungkin termasuk orang yang terlalu banyak pertimbangan untuk mulai menulis lagi, setelah sekian lama salah satu hobi saya ini saya tinggalkan. Sempat ada perasaan khawatir, ntar tulisan saya enak dibaca nggak ya? pilih diksi seperti apa ya biar yang baca suka sama tulisan saya? Sepertinya saya lupa kalau ini cuma blog pribadi, saya bukan sedang bekerja atas nama instansi, yang kerjaannya mencari informasi untuk dipublikasi. Saya mulai mati rasa untuk berimajinasi, karena waktu magang dulu imajinasi itu sudah seperti barang haram yang nggak boleh muncul dalam tulisan semua wartawan. Karena semua tulisan yang terbit di surat kabar memang harus berdasarkan fakta.

Saya  jadi kurang pandai berangan-angan apalagi sekedar beropini tentang suatu hal. Opini pribadi, waktu magang dulu saya sempat bermasalah dengan yang satu ini.  Setiap kali evaluasi, Mas Damar, redaktur rubrik Satelit Solo, sering banget ngingetin saya untuk tidak melibatkan opini pribadi setiap kali menulis berita. Pengalaman magang sebagai reporter, kemudian sedikit banyak mempengaruhi  cara saya menulis. Entah kenapa, saya jadi nggak suka nulis hal-hal yang berbau remeh temeh lagi. Padahal waktu masih sering-seringnya ngeblog dulu, hal-hal sederhana aja bisa jadi bahan tulisan utuk setiap postingan-postingan  yang ada di blog ini. Sudah banyak yang berubah memang, tapi mungkin seharusnya begitu, biar ada yang dirindukan dari ngeblog^^

Seperti yang malam ini sedang saya rasakan. Saya jadi rinduuuu banget ngeblog.  Keinginan buat aktif nulis lagi itu berawal dari abis  baca buku Kicau Kacau (old school) dan nonton Manusia Setengah Salmon (diangkat dari buku dengan judul yang sama)  *ini juga film udah jaman kapan???? Di mata saya Indra Herlambang dan Raditya Dika itu adalah penulis yang paling jujur yang pernah ada. Saya suka banget karena mereka menuliskan pengalaman pribadi dengan cara yang menarik untuk dibagikan kepada pembaca. Meskipun chapter-chapter yang ada dalam setiap buku mereka itu merupakan cerita dari kejadian sehari-hari, tapi cukup bisa bikin ketawa, ngelus dada, ngangguk-ngangguk setuju, diem mikir, sampai keinginan buat  bikin “quote” dari kata-kata yang bijak dari buku mereka. Saya pengen kaya mereka aja kalo nulis (meskipun saya bukan termasuk dalam level penulis). Mereka nggak perlu kebanyakan mikir, yang penting apa pun yang mereka tulis itu semua datang dari hati. Tulisan-tulisan mereka juga tetep bisa buat nambah wawasan walaupun lebih banyak menghiburnya karena disajikan dengan kekocakan khas mereka masing-masing.

Terkadang pengetahuan yang kita dapatkan dan pengalaman hidup yang kita alami sehari-hari  akan lebih berarti, jika kita mau meluangkan sedikit saja waktu untuk berbagi memori dengan orang lain. Selamat datang kembali di Blog sederhana ini. Selamat Menulis^^



P.S: Ketakutan-ketakutan untuk mulai nulis lagi di blog pribadi, setelah nulis di koran berusaha saya buang jauh-jauh, anggep aja seperti jet lag kalo abis naik pesawat, efeknya cuma berlangsung sementara :D


Malang, 1 Februari 2014

Pkl. 23.55 WIB







Older Post | Newer Post