Queen Aida
ENTRY ABOUT FRIENDS STUFF SEUNGRI TWITTER EXO K

Antara Public Relation dan Komunikasi Massa, pilih mana???
Sabtu, 11 Juni 2011 - Permalink - 0 Comments
aiih...udaa mau semester 3 aja nih gue, itu berarti udaa mau peminatan jurusan, masii suka bingung kalo ada yang tanya gue mau ambil peminatan apa... kalo dulu awal-awal kuliah sii gue mantep ambil komunikasi massa, jadi jurnalis itu keren aja menurut gue...semacam profesi yang prestisius, lo bisa jadi anchor, reporter, kontributor, pokoknya pekerjaan yang menyenangkan dan dapet duit yang banyak...lo bisa muncul di tv, lo bisa menciptakan opini publik, lo bisa ketemu orang-orang penting...pokoknya banyak deh...tapiii....setelah semester 2, gue juga dapet mata kuliah dasar Public Relation, gue sedikit punya ketertarikan sama peminatan ini...erm,,,,jadi Praktisi PR itu juga keren lho...lebih seperti pekerjaan yang penuh dengan tantangan, dan menuntut lo untuk jadi orang yang lebih kreatif, masalahnya pekerjaan lo bukan cuma soal membangun relasi aja, lebih dari itu lo juga harus mikirin gimana caranya membangun citra perusahaan tempat lo bekerja, dan itu nggak gampang...lo harus mikirin gimana membuat program corporate social responsibilitynya, membangun relasi dengan pemerintah terkait dengan kebijakan publik, bikin press release, house journal, annual report, banyak kan??? huft...*mengusap peluh* belum lagi kalo bicara soal penampilan, hihii....lo nggak harus cantiik sii,,,asal bisa jaga penampilan lo aja...bisa dandan, berpakaian rapi, ramah sama client, nggak cuma penampilan aja, and the most important thing is....wawasan lo!!!




a Journalist or Public Relation Practitioner???



Kemarin temen gue Ridwan, nanya gue mau ambil peminatan apa, gue jawab gue lebih cenderung ambil kommas...Ridwan bilang gue lebih cocok masuk PR, nggak tau alasan dia ngomong kaya gitu atas dasar apa,erm...gue bilang aja sama Ridwan, pekerjaan sebagai PR tuh  bukannya harus selalu tampil langsung di depan client yah...gue agak nggak pede wan...tapi kalo gue jadi jurnalis atau broadcaster paling enggak orang bisa tau gue dengan baca tulisan gue dan denger suara gue waktu lagi siaran radio *nyengiir* dengan begitu gue nggak tampil langsung di depan publik kan...*putri malu* Ridwan ngangguk-ngangguk berarti setuju^^


temen-temen gue emang kebanyakan pengen ngambil PR, dari semester lalu udah pada ngajakin krs-an bareng...aduuuh gimana yah...gue makin bingung...!!!



Confuse!!!

sampai kadang-kadang kita sering debat soal milih peminatan, gue sering diejekin ama mereka karena mau ambil kommas, kata mereka jurnalis itu pekerjaan yang nggak pake hati, mereka nulis berita sesuka hati, tanpa pernah mengonfirmasi kenyataan yang sebenarnya, kerjaannya bikin isu, dan melebih-lebihkan sesuatu biar bisa jadi berita yang menjual karena sensasional...*dongkool* ya emang begitulah pekerjaan jurnalis kalau nggak bikin isu mereka terus kerja apa??? bukannya Bad News is a Good News??? lagian mereka bekerja kan juga ada kode etiknya...nggak mungkin seenaknya sendiri...

MacDougall menyebutkan bahwa jurnalisme  adalah kegiatan menghimpun berita, mencari fakta, dan melaporkan peristiwa. Jurnalisme sangat penting di mana pun dan kapan pun. Tak dapat dibayangkan, akan pernah ada saatnya ketika tiada seorang pun yang fungsinya mencari berita tentang peristiwa yang terjadi dan menyampaikan berita tersebut kepada khalayak ramai, dibarengi dengan penjelasan tentang peristiwa itu.

yah...apa pun profesinya pasti punya kelebihan dan kekurangan, semacam resiko pekerjaan...sekarang kembali lagi ke diri kita pribadi, mau bekerja dengan hati dan pikiran atau hanya salah satu dari keduanya??? sementara gue masih bingung mau pilih peminatan apa, mungkin gue masih harus banyak konsultasi dulu kalii yah...^^ yang terpenting adalah bagaimana melakukan sesuatu yang terbaik dalam hidup ini agar tidak menyesal di kemudian hari...

Keep Hamazah!!!

Label:



Older Post | Newer Post